Gubernur Lampung Cek Kesiapan Arus Balik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Pelabuhan Bakauheni.


 INFO_KU

LAMPUNG SELATAN --- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan Monitoring dan Pemantauan Kesiapan Arus Balik Angkutan Natal 2023 dan Tahun baru 2024 di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Jumat (29/12/2023).


Gubernur mengatakan bahwa menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru, jumlah penduduk yang melewati pelabuhan Bakauheni biasanya mengalami kenaikan, oleh karenanya diperlukan kesiapan agar pelayanan kepada masyarakat  dapat tetap berjalan dengan baik.


"Banyak saudara-saudara kita yang akan pulang, tidak hanya ke Lampung tapi juga Provinsi lainnya di Sumatera. Begitu juga sebaliknya, banyak saudara-saudara kita yang pulang ke Jawa tentunya memerlukan fasilitas transportasi yang mendukung. Untuk itu Saya disini berkoordinasi dengan ASDP, Pihak TNI dan Kepolisian supaya kedepan, walaupun ini sifatnya sudah rutin, tidak ada lagi hambatan dan kesulitan," ucap Gubernur.


Menurut Gubernur, lebih kurang 25 juta penduduk setiap tahun melewati Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, namun meski demikian, ASDP telah memastikan bahwa pelayanan terhadap masyarakat tetap sangat memadai.


"Meskipun yang menggunakan layanan penyeberangan ini banyak jumlahnya, pelayanan kita tetap sangat memadai, tidak ada kemacetan. Semoga dalam menghadapi tahun baru dan sekembalinya, tidak ada masalah, semua dapat kita layani dengan baik," ucap Gubernur.


Pada kesempatan tersebut Gubernur juga mengungkapkan bahwa kedepan, Provinsi Lampung akan membangun 5 pelabuhan, yakni pelabuhan Mesuji, Menggala, Labuhan Maringgai, Sebalang, dan Teluk betung.


Sedangkan untuk pelabuhan Mesuji akan melayani penyeberangan Mesuji - Bangka, dan Mesuji Belitung. Adapun penyeberangan ini tidak hanya melayani penyeberangan orang tapi juga sebagai pelabuhan perdagangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Sementara itu, GM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni Kapten Rudi Sunarko pada kesempatan tersebut memaparkan bahwa menyambut liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, ASDP Pelabuhan Bakauheni telah mengoperasikan Dermaga Eksekutif II. 

Dalam menghadapi periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 berbagai persiapan sudah dilakukan ASDP salah satunya operasional dermaga eksekutif II," ujar Rudi Sunarko.

.

Rudi juga melaporkan bahwa pihaknya telah menyiapkan 66 kapal untuk menghadapi lonjakan penumpang selama masa libur Natal dan Tahun Baru. Meliputi 60 unit kapal reguler dan enam lainnya kapal ekspres.

.

"Meskipun demikian, hanya sebanyak 32 kapal yang beroperasi setiap harinya, jumlah ini disesuaikan dengan kondisi kebutuhan di lapangan," tutupnya.

.

Pada kegiatan tersebut, Gubernur juga berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan beberapa pemudik yang ingin pulang ke Pulau Jawa. Gubernur juga berkunjung ke Siger Park dan Masjid Bank Syariah Indonesia (BSI) yang terletak di kawasan Bakauheni Harbour City (BHC), Masjid tersebut banyak dimanfaatkan oleh pemudik untuk beristirahat dan beribadah. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

0/Post a Comment/Comments